Inilah Manfaat Penting Kuning Telur Mentah untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Penting Kuning Telur Mentah untuk Kesehatan – Ada banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan diri sendiri jika kita menkonsumsi makanan yang memiliki bayak sekali manfaat yang baik untuk tubuh.

Telur adalah makanan ekonomis, padat nutrisi, dan mudah ditemukan. Bahan makanan ini juga sangat mudah diolah. Bisa digoreng, rebus, dipanggang, bahkan beberapa orang mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

Telur mengandung banyak sekali nutrisi yang sebagian besar berada dalam kuning telur. Di sini, kita akan menyoroti beberapa manfaat yang ditawarkan oleh kuning telur mentah. Simak sampai selesai, ya!

Inilah Manfaat Penting Kuning Telur Mentah untuk Kesehatan

1. Kaya akan nutrisi penting
Kuning telur adalah bagian yang paling bernutrisi dari seluruh telur. Kandungan nutrisi kuning telur tergantung pada ukuran, asal, dan pemrosesan telur, serta spesies asalnya. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu butir kuning  beccazavorski mentah mengandung:

55 kalori.
2,70 gram protein.
4,51 gram lemak.
184 kolesterol.
0,61 gram karbohidrat.
0,10 gram gula.
Kuning telur mengandung setidaknya tujuh mineral penting, yaitu:

Kalsium.
Zat besi.
Magnesium.
Fosfor.
Kalium.
Natrium.
Zink atau seng.

2. Risiko terkena salmonela kecil jika kamu mengonsumsi telur mentah setiap hari
Banyak orang menghindari telur mentah karena khawatir akan risiko kontaminasi bakteri berbahaya, seperti salmonela. Benar, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), telur mentah berisiko mengandung bakteri salmonela, yang dapat menyebabkan diare, muntah, demam, dan kram perut selama beberapa hari. Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak bisa makan telur mentah sama sekali.

Hanya sekitar 1 dari 20 ribu telur yang mengandung salmonela. Artinya, jika kamu makan lima butir telur mentah setiap hari, maka butuh waktu sekitar sepuluh tahun untuk tertular salmonela sekali. Namun, kamu masih bisa meminimalkan risiko tertular salmonela dengan mendinginkan telur pada suhu 4 derajat Celcius atau lebih dingin, untuk memastikan telur tidak rusak.

3. Meningkatkan kadar kolesterol baik
Banyak orang menghindari kuning telur karena kandungan kolesterolnya. Kolesterol sendiri telah lama dikaitkan sebagai penyebab penyakit jantung, yang sebenarnya tidak sepenuhnya benar.

Faktanya, ada dua jenis kolesterol, yaitu high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL). LDL alias kolesterol jahat berbahaya buat jantung, tetapi HDL adalah kolesterol baik yang bermanfaat bagi jantung. Dilansir WebMD, kuning telur, baik dalam keadaan dimasak maupun mentah, penuh dengan kedua jenis kolesterol ini.

Terdapat studi menarik tentang hal ini dan telah dimuat dalam The Journal of Nutrition tahun 2008. Dalam penelitian ini, sebanyak 28 laki-laki yang kelebihan berat badan atau obesitas diberi pola makan protein tinggi, beberapa mengonsumsi tiga telur sehari, sementara yang lain mengonsumsi pengganti telur.

Hasilnya, kelompok yang makan telur mengalami peningkatan HDL secara keseluruhan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa makan kuning telur bisa meningkatkan HDL tanpa meningkatkan LDL secara signifikan.